Renovasi Rumah Subsidi

6 Ide Perubahan yang Boleh Dilakukan Untuk Renovasi Rumah Subsidi

Posted on
5/5 - (2 votes)

Anda memiliki rumah subsidi? Bingung karena katanya rumah subsidi tidak boleh di renovasi padahal sudah tidak betah dengan kondisi rumah Anda.

Kata siapa rumah subsidi tidak boleh direnovasi? Renovasi rumah subsidi boleh-boleh saja, kok! Asal, Anda tidak melakukan perubahan yang berat pada rumah subsidi Anda. Kalau begitu, renovasi macam apa yang boleh dilakukan pada rumah subsidi?

Rumah subsidi adalah salah satu program pemerintah yang berasal dari Kementerian Umum Perumahan Rakyat (PUPR) yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) agar bisa memiliki rumah yang layak huni dengan harga yang terjangkau.

Rumah subsidi memiliki bentuk desain yang sama satu sama lain. Maka, tidak heran kalau banyak dari pemilik rumah subsidi ini berkeinginan untuk melakukan renovasi.

Renovasi Rumah Subsidi

Ada dua kategori renovasi pada rumah subsidi yaitu :

1. Renovasi rumah subsidi ringan

Renovasi ringan ini boleh dilakukan meskipun kredit rumah Anda belum mencapai 5 tahun. Untuk renovasi ini meliputi mengganti warna cat dinding, menambah ruangan di bagian belakang, memasang kanopi membuat taman dan pagar di bagian depan.

2. Renovasi rumah subsidi berat

Renovasi berat juga masih boleh dilakukan dengan beberapa syarat seperti masa kredit harus mencapai 5 tahun terlebih dahulu. Jika mendesak Anda boleh melakukan renovasi namun tanpa mengubah keseluruhan rumah dan tidak boleh melakukan pembangunan bertingkat.

6 Ide Perubahan Desain yang Boleh Dilakukan Pada Rumah Subsidi

1. Ganti Warna Cat Dinding

Rumah subsidi umumnya memiliki warna cat dinding yang sama satu sama lain. Bagi kebanyakan orang, hal ini dapat menimbulkan ketidak nyamanan, serta rasa bosan.

Nah, untuk itu Anda diizinkan untuk mengubah cat dinding rumah Anda.

Mengganti nya dengan warna abu utk kesan modern, atau hijau untuk memberikan kesan sejuk juga cocok Anda aplikasikan ke rumah Anda.

2. Manfaatkan Sisa Tanah

Rumah subsidi kebanyakan memiliki sisa tanah atau lahan kosong pada bagian belakang rumah.

Sisa lahan ini bisa Anda sulap menjadi sebuah pantry atau dapur mini dengan konsep terbuka, ruang laundry atau mungkin kolam ikan yang cantik.

3. Membuat Pagar

Untuk bagian depan, karena terhalang oleh peraturan dilarang mengubah fasad. Maka Anda bisa memulainya dengan membuat pagar.

Jangan lupa untuk diukur sesuai dengan ukuran rumah, ya!

Ada beberapa pilihan material dan warna pagar. Pagar cor dan stainless steel belakangan banyak diminati karena tampak menarik dan bisa memaksimalkan pengamanan rumah.

Namun pilihan lain seperti batu, kayu, dan besi juga masih belum ketinggalan zaman.

Jangan lupa sesuaikan dengan anggaran Anda.

4. Memasang Kanopi

Saat cuaca panas dan teras depan rumah Anda tersorot sinar matahari, disitulah Anda menyadari bahwa menambahkan kanopi di halaman depan rumah sangat dibutuhkan.

Kanopi dapat memberikan suasana yang teduh dan nyaman.

Ada banyak material kanopi yang bisa menjadi pilihan Anda, antara lain:

1. Kaca
2. Polikarbonat
3. Spandek
4. Alderon
5. Solar tuff
6. Onduline
7. Googreen
8. Kayu dan lainnya

Sesuaikan material kanopi dengan desain rumah serta cat dinding rumah Anda. Jangan lupa untuk perhatikan Anggaran Anda juga, ya!

5. Membuat Kamar yang Mungil

Meski hanya rumah subsidi, namun kamu juga bisa memiliki ruang tambahan, seperti kamar tidur atau ruang kerja.

Meski ukurannya mungkin tidak akan terlalu besar, namun jika Anda memilih desain interior dengan tepat, maka Anda akan mendapatkan ruangan yang nyaman.

Pilihlah warna – warna netral seperti putih sebagai warna utama. Warna putih atau warna netral lainnya dapat memberikan kesan luas pada ruangan. Anda juga bisa memasang cermin di dinding untuk memberikan tampilan yang lebih luas.

6. Membuat Taman Kecil

Rumah subsidi juga bisa punya taman, loh! Sama seperti rumah pada umumnya, Anda juga diizinkan memiliki taman di rumah.

Meski ukuran mungkin akan menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang ketika mendesain taman di rumah subsidi. Maka dari itu lakukan perhitungan yang presisi ketika membuat taman.

Sedikit saran, buatlah taman dengan ukuran mungil yang dihiasi tumbuhan – tumbuhan kecil dan disusun di dinding bukannya taman dengan tumbuhan besar yang berbentuk pohon agar taman tidak terlihat sempit dan penuh.

Semoga 6 ide renovasi ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda, ya!