Takut Biaya Cat Tembok Per m2 Mahal? Pahami Ini Dulu Sebelum Merenovasi Rumah!

Rumah adalah sesuatu yang seharusnya menjadi tempat paling aman untuk kita berlindung. Bahkan ketika kita kelelahan setelah melakukan aktivitas kegiatan sehari-hari di luar rumah, seperti bekerja, sekolah, kuliah atau bertamasya. Rumah menjadi satu-satunya tujuan paling nyaman untuk tempat beristirahat. Nuansa rumah seharusnya diatur dengan gaya yang elegan dan memberikan kesan segar di segala sisi.

 

 

Takut Biaya Cat Tembok Per m2 Mahal Pahami Ini Dulu Sebelum Merenovasi Rumah!

Sourcer via : joystudiodesign.com

Tapi perlu kita ingat bahwa rumah merupakan properti yang sudah pasti membutuhkan perawatan rutin agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Aspek keamanan yang perlu diperhatikan seperti kondisi rangka yang sudah rusak atau atap yang bocor, tentunya menjadi hal utama dalam merawat rumah. Kita tidak boleh membiarkan terlalu lama kayu-kayu penyangga rumah menjadi lapuk dan berkemungkinan mencelakakan jika tidak segera diganti.

Selain dari sisi keamanan, kita juga perlu memperhatikan aspek keindahan yang menjadi hal utama dalam memberikan kesan suasana nyaman di dalam rumah. Khususnya adalah dekorasi cat tembok yang merupakan bagian paling inti dari desain tema suatu rumah. Tentu saja kita sering khawatir dengan biaya yang diperlukan untuk merenovasi rumah termasuk melakukan cat ulang tembok. Tapi tidak perlu khawatir, di era yang modern ini biaya cat tembok per m2 sudah lumayan terjangkau dan memiliki banyak pilihan. Jadi kita bisa merenovasi rumah agar terlihat lebih indah meskipun memiliki anggaran yang terbatas.

Cat tembok sebenarnya memiliki beragam jenis, bergantung dari material atau bahan yang digunakan dalam pembuatan cat. Hal ini juga yang perlu diperhatikan karena kita harus paham jenis-jenis cat supaya kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya. Jangan sampai kita mengeluarkan biaya cat tembok per m2 yang melebihi batas anggaran, karena kita terlalu banyak membeli cat yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Ragam cat tersebut diantaranya:

1. Cat Alkyd Synthetic

Cat jenis ini memiliki karakteristik yang mengkilap. Biasanya cat alkyd cukup tahan terhadap jamur dan cuaca yang berubah-ubah, maka dari itu biasanya cat ini digunakan untuk eksterior. Untuk interior, cat ini juga sebenarnya bisa digunakan dengan fungsi yang sama, yaitu melindungi dari jamur-jamur yang menempel di dinding.

2. Wall Sealer

Seperti namanya, cat ini difungsikan sebagai penutup pori-pori pada dinding agar tahan dari rembesan air yang masuk.

3. Cat Duco

Cat duco biasanya digunakan untuk mendempul atau membuat rata permukaan tembok agar lebih rapat dan rapih. Setelah itu, baru dilapisi lagi dengan cat lain dengan warna yang kita pilih.

4. Cat Melamic

Properti kayu seperti kusen dan pintu biasanya dilapisi oleh cat ini. Karena karakteristiknya yang mengkilap dan bisa mencegah rayap. Cat ini juga mampu menahan goresan langsung agar kayu yang kita gunakan tidak cepat rusak.

5. Zinc Cromata

Jika kita memiliki properti berbahan besi atau logam seperti gagang pintu, pegangan tangga, pagar dan lain sebagainya, maka cat ini adalah yang paling tepat untuk melapisinya. Cat ini mampu menghindarkan besi dari karat atau korosi agar bisa lebih awet.

Setelah kita mengetahui jenis-jenis cat yang bisa kita gunakan, kita sudah tidak perlu khawatir akan salah beli yang berujung pemborosan biaya renovasi rumah. Untuk ongkos jasa pengecatan, biaya cat tembok per m2 sebenarnya tidak terlalu mahal. Setiap penyedia memiliki harga yang berbeda-beda tergantung jenis cat yang digunakan. Tapi untuk rata-ratanya berkisar Rp. 10.000,- hingga Rp. 15.000,- belum termasuk materialnya. Biaya yang cukup murah untuk menjadikan rumahmu lebih indah!

author
Author: