Tips Membangun Rumah Anti Gempa yang Sesuai Standar Keamanan

Pernahkah Anda merasakan rumah ataupun tanah bergetar akibat gempa bumi? Bagi kita yang tinggal di negara yang rentan dengan aktivitas gempa bumi, tentu sudah pernah mengalaminya. Sehingga selayaknya kita harus selalu siaga dan mengantisipasi hal-hal buruk akibat gempa tersebut.

Tips Membangun Rumah Anti Gempa yang Sesuai Standar Keamanan

Source via : dekoruma.com

Salah satu cara yang bisa Anda terapkan adalah dengan membangun rumah yang tahan gempa. Karena rumah yang rawan kerusakan ataupun tidak memiliki struktur rumah yang kuat, akan sangat rentan mengalami kerusakan saat gempa. Sebagai solusinya, masyarakat harus diberikan pengarahan dan sosialisasi untuk mendirikan bangunan yang anti gempa.

Masyarakat harus jeli memilih kontraktor yang berpengalaman dan ahli dalam pembangunan. Terlebih lagi, dengan banyaknya penyedia jasa kontraktor yang memberikan harga kontraktor bangunan murah harus mendapat perhatian khusus agar hasilnya bisa memuaskan. Selain itu, kontraktor juga haruslah mengerti tentang tips membangun rumah anti gempa.

830152846

Source via: www.dekoruma.com

Tips Membangun Rumah Anti Gempa yang Sesuai Standar Keamanan

Mendirikan rumah yang anti gempa sebenarnya juga memiliki keuntungan lain, yakni bangunan akan kokoh dan lebih awet. Apalagi jika tempat tinggal Anda berada di kawasan yang memang sangat rentan dan sering terkena gempa bumi. Nah, beberapa tips penting di bawah ini wajib diketahui setiap orang khususnya oleh kontraktor bangunan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memperhatikan kualitas tanah dan denah rumah

Kualitas tanah menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kokohnya suatu bangunan. Saat mendirikan bangunan, perhatikanlah kualitas tanahnya agar keras dan cukup padat. Sehingga saat terjadi getaran akibat gempa, permukaan tanahnya tidak akan mudah bergeser dan merobohkan bangunan.

2. Kekuatan bagian pondasi rumah

Pondasi memiliki fungsi penting dalam menopang beban bangunan. Sehingga dengan pembuatan pondasi yang kuat, tentunya bangun juga akan menjadi kokoh dan rawan roboh. Nah, untuk membuat pondasi yang kokoh harus dilakukan dengan kedalaman 60 hingga 75 cm ke dalam tanah.

3. Memiliki material Pondasi yang berkualitas

Pilihlah material yang berkualitas baik untuk bahan dasar pembuatan pondasi. Misalnya saja penggunaan kerikil, pasir halus, air, dan juga semen presisi, sehingga menjauhkan keretakan kecil pada bangunan di atasnya. Jangan lupa juga gunakan beton berkualitas dengan ukuran yang presisi, untuk mendapatkan kualitas yang baik

4. Komposisi material untuk bahan bangunan

Tak kalah pentingnya, Anda juga harus memperhatikan bahan bahan yang akan digunakan untuk membangun rumah. Sangat penting untuk memilih bahan material yang berkualitas baik, karena akan sangat berpengaruh saat terjadi tekanan maupun beban akibat gempa. Misalkan saja seperti penggunaan atap konvensional yang diganti dengan baja ringan, untuk mengurangi tekanan dan beban berat bangunan.

Membuat rumah yang anti gempa, memang sangat penting dan diperlukan untuk menghindarkan kerusakan saat terjadi getaran. Untuk itu, Anda perlu menggunakan jasa kontraktor bangunan yang berkualitas dan berpengalaman dalam pembuatan rumah Anti gempa. Apalagi, saat ini banyak jasa yang menawarkan harga kontraktor bangunan yang sesuai dengan budget Anda. Tentunya dengan menggunakan jasa kontraktor terpercaya, Anda bisa mendirikan rumah Anti gempa yang berkualitas.

author
Author: