Ini Nih Minusnya Menggunakan Folding Door

No comment 32 views

Pintu menjadi bagian terpenting yang harus ada dalam sebuah rumah untuk akses keluar masuk. Tanpa kehadiran pintu, tentu kondisi rumah menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Nah, sebagai bagian yang pasti ada dalam rumah, pintu seringkali dibuat dengan berbagai material dan juga model. Salah satunya yakni model folding door atau pintu lipat yang saat ini sangat identik dengan konsep hunian modern.

Penggunaannya kerap digunakan untuk pintu garasi, pintu gerbang, ataupun ruang tamu. Tak hanya untuk rumah, beberapa bangunan seperti toko, restoran, ataupun ruang komersial lain juga sering menggunakan pintu lipat ini. Hal ini dikarenakan banyaknya keunggulan dari pengaplikasiannya pada rumah.

Folding Door

Namun selain keunggulan, pintu lipat ini juga punya beberapa minus yang jarang diketahui oleh orang orang. Kekurangan ini perlu dikatahui sebelum anda benar benar memilih pintu lipat pada hunian. Maka dari itu, perhatikanlah beberapa minus yang dimiliki pintu lipat ini dalam pemakaiannya.

Minus Penggunaan Pintu Lipat pada Hunian

Beberapa minus pintu lipat ini perlu menjadi bahan pertimbangan anda sebelum menggunakannya.

Mudah rusak karena beberapa hal

Sebagai akses atau penghubung yang bisa digunakan untuk interior maupun eksterior, folding door ini sangatlah sering dilewati untuk berlalu lalang. Hal ini membuat kualitas dan kondisi pintu pun menjadi menurun. Apalagi jika anda salah dalam memilih material yang akan digunakan untuk bagian eksterior, tentu akan mudah rusak karena langsung terpapar air hujan dan terik matahari. Sehingga minus ini bisa anda siasati dengan cara pemilihan material yang tepat.

Tidak memiliki banyak varian motif

Pintu lipat memiliki tampilan berupa beberapa daun pintu, yang masing masing bagiannya bisa dilipat dan dipisahkan oleh frame. Sehingga jika anda menginginkan desain pintu yang memiliki banyak motif, pemilihan pintu lipat dinilai kurang cocok.  Karena tampilan motif tersebut akan terpotong atau tertutup oleh frame pada daun pintu.

Membutuhkan banyak ruang

Jika anda memiliki rumah dengan ukuran luas yang terbatas, penggunaan pintu lipat ini sebaiknya anda pertimbangkan kembali. Karena pintu ini memerlukan banyak ruang atau space ketika anda melipatnya. Penggunaannya akan lebih tepat jika diaplikasikan pada ruangan yang lebar, ataupun ruangan terbatas yang tidak memiliki banyak perabotan di bagian dekat pintu.

Membutuhkan perawatan dan pengecekan berkala

Pintu lipat memiliki engsel atau rel dibagian bawahnya, yang berfungsi memudahkan ketika akan dibuka maupun ditutup. Namun tak jarang, anda akan mengalami kesulitan atau buka tutup pintu yang kurang lancar. Hal ini disebabkan banyak hal, salah satunya yakni debu dan kotoran yang menumpuk pada bagian engsel.

Sehingga anda harus melakukan perawatan dan pengecekan berkala, untuk menghindari pintu yang macet atau bahkan tidak bisa dibuka sama sekali. Tentu saja hal ini menjadi cara pencegahan terbaik, dibandingkan pintu anda mengalami macet terlebih dulu. Minus dari pintu lipat ini memang sebaiknya perlu anda pertimbangkan. Terlebih jika anda adalah orang yang tidak telaten atau tidak memiliki banyak waktu untuk melakkukan perawatan secara berkala.

Proses pembersihan lebih rumit

Pintu lipat memiliki ukuran yang lebih lebar jika dibandingkan pintu tunggal atau pun dengan dua daun pintu. Maka tak heran jika proses pembersihannya menjadi lebih lama dan lebih rumit. Belum lagi, anda harus membersihkan bagian frame pintu dan sela selanya. Karena bagian sekat ini akan sangat mudah menjadi sarang debu, kotoran, ataupun kuman penyakit.

Harga lebih mahal

Dari sisi material, pintu lipat ini memang memiliki harga yang standar sesuai kualitas yang dipilih. Namun minusnya, pintu ini membutuhkan banyak panel dalam pemasangannya. Terlebih jika pintu anda memiliki banyak lipatan dan memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi dalam pembuatannya.

Nah, itulah tadi minus dari penggunaan folding door yang perlu anda pertimbangkan saat ingin menggunakannya. Perhatikanlah apakah minus tersebut bisa anda minimalisir, agar tidak merugikan anda.

author
Author: