Menghitung Estimasi Biaya Renovasi Rumah Per Meter

No comment 377 views

Biaya renovasi rumah per meter merupakan hal penting yang harus diketahui sejak awal. Dengan mengetahui perkiraan biaya renovasi sejak awal, maka kalian akan lebih tenang. Kalian dapat mempersiapkan dana sejak awal, sehingga proses renovasi tidak terhenti begitu saja karena kekurangan dana. Rumus perhitungan rencana anggaran sebenarnya tugas dari seorang pemborong, namun sebagai pemilik rumah pun kalian dapat melakukan perhitungannya sendiri. Bagaimana rumusnya? Berikut kami jelaskan lebih rinci dalam paragraf di bawah ini.

Biaya Renovasi Rumah Per Meter

2 Estimasi Perhitungan Rencana Anggaran untuk Renovasi Rumah

Untuk menghitung biaya renovasi rumah per meter harus memperhatikan 2 hal ini, seperti biaya tenaga kerja dan juga biaya material. Pasalnya proses renovasi tidak mungkin dapat berjalan tanpa adanya pekerja dan material seperti semen, batu, pasir dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut rincian anggaran renovasi rumah per meter yang dapat kalian hitung sendiri di rumah:

1. Biaya tenaga kerja

Sistem pembayaran tenaga kerja sebenarnya terbagi menjadi 3, yaitu sistem harian, sistem borongan jasa dan juga sistem borongan penuh. Namun biasanya jika hanya merenovasi rumah, kebanyakan orang akan menggunakan sistem harian. Untuk biaya tenaga kerja per daerah tentu berbeda. Kami akan berikan contoh besar biaya tenaga kerja di daerah Jawa Tengah, besarnya sekitar Rp. 90.000, ada yang lebih dan ada pula yang kurang. Biaya tenaga kerja itu belum termasuk biaya material. Sehingga nantinya kalian harus melakukan survey dahulu terkait harga material yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah.

2. Biaya material

biaya material

Biaya renovasi rumah per meter dapat diketahui ketika kalian sudah mengetahui berapa total biaya material. Renovasi rumah terdiri dari memperbaiki bangunan yang rusak dan memperluas tanah atau menambah bangunan baru. Di sini kami akan mencontohkan renovasi untuk memperluas tanah agar bangunan menjadi lebih besar 10 meter. Jika kalian sudah membeli tanah yang ingin diperluas, maka sekarang pikirkan saja harga materialnya. Harga semen itu beraneka ragam, jika mengambil harga yang standar, maka kalian dapat memperoleh harga sekitar Rp. 60.000 untuk per saknya. Kemudian untuk harga pasir 1 truk kurang lebih seharga Rp. 2.000.000. Untuk harga kerikil per m3 seharga Rp. 250.000. Harga batu bata 1 truk sekitar Rp. 1.300.000. Kemudian harga 1 genteng sekitar Rp. 1500. Cat tembok seharga Rp. 60.000 per kaleng.

Baca juga: Harga Bahan Bangunan Terbaru

Dari penjelasan di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa dalam 1 meter kalian membutuhkan anggaran sebesar Rp. 779.500. Di sini kami menjumlah harga semen 15 sak, harga pasir, harga batu bata, kerikil, genteng dan 2 kaleng cat tembok. Setelah dijumlah maka hasilnya dibagi menjadi 10 meter. Namun biaya ini belum dengan biaya pembelian keramik, karena mungkin ada yang menggunakan keramik dan ada yang tidak. Sekian perkiraan perhitungan biaya renovasi rumah per meter yang dapat kalian gunakan.

author
Author: